Penyidik Kejagung Periksa Direktur CV BSG Terkait Dugaan Korupsi Di KONI

dutainfo.com-Jakarta: Tim penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindaka Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI, memeriksa Direktur CV Batavia Sporting Goods, Jemi Utia Rachman, pada Senin (24/6/2019).

“Ya benar pemeriksaan ini terkait dugaan tindak pidana korupsi bantuan dana pemerintah kepada KONI pusat pada Kemenpora RI tahun 2017 senilai Rp 25 miliar,” ujar Kapuspenkum Kejagung RI Mukri, pada awak media, Senin (24/6).

Masih kata Mukri, Jemi Utia Rachman diperiksa dalam kapasitas selaku rekanan KONI Pusat yang menyiapkan perlengkapan umum dalam rangka pendampingan, pengawasan dan monitoring multi event 18 th Asian Games 2018 dan 3 rd Asian Paralympic Games 2018.
“Jemi Utia Rachman diperiksa sebagai saksi,” ungkap Mukri.

Seperti diketahui sebelumnya kasus dugaan korupsi ini pada tanggal 24 November 2017, KONI Pusat telah meminta kepada Menteri Pemuda dan Olahraga guna mendapat bantuan sebesar Rp 26.679.540.000.

Sebagai tindak lanjut pada 8 Desember 2017 Menpora memerintahkan Deputi 4 bidang Peningkatan Prestasi Olahraga untuk menindak lanjuti proposal permintaan bantuan dari KONI Pusat tersebut. Mengingat dalam rencana kegiatan dan anggaran Kementrian/Lembaga (RKA K/L) Kemenpora tahun 2017 belum ada peruntukan anggaran untuk merespon proposal KONI tersebut.

Selanjutnya Kemenpora via Biro Perencanaan melakukan revisi berdasarkan usulan Deputi 4 bidang Prestasi dan Olahraga.

Selanjutnya bulan Desember 2017 Pemerintah melalui Kemenpora RI memberikan bantuan dana kepada KONI Pusat tahun anggaran 2017 Rp 25 miliar dicairkan ke rekening KONI Pusat yang akan digunakan dalam rangka pembiayaan program pendampingan, pengawasan dan monitoring program peningkatan prestasi olahraga Nasional 18 th Asian Games 2018. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.