Kasdim 0503/JB Pimpin Apel Gelar Pasukan

Foto: Kasdim 0503/JB Letkol Inf Barnard J Hutauruk saat pimpin apel gelar pasukan antisipasi banjir di Makodim 0503/JB (ist)

dutainfo.com-Jakarta: Dalam rangka antisipasi banjir yang melanda wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Barat, Kodim 0503/Jakarta Barat mengelar apel pasukan guna kesiap-siagaan penanggulangan bencana alam, Selasa (4/2/2020).

Kegiatan apel gelar pasukan kesiap-siagaan ini dipimpin langsung Kepala Staf Kodim 0503/JB Letkol Inf Barnard J Hutauruk, dengan mengambil tempat di Makodim 0503/JB Jalan S Parman, Jakarta Barat.

Dalam amanatnya Kasdim Letkol Inf Barnard Hutauruk mengatakan bencana alam yang terjadi pada saat ini mungkin dapat kita lihat di media-media sejak pergantian tahun 2019 ke tahun 2020 dengan adanya banjir.

“Memasuki musim hujan berpotensi terjadinya bencana alam sangat besar, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi semua pihak dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana,” ujar Letkol Barnard.

Apel ini bertujuan untuk memantapkan dan mensiap-siagakan personel dalam rangka membantu masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam diwilayah DKI Jakarta.

Pada prinsipnya apel digelar juga bertujuan penanggulangan bencana sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang prinsip penanggulangan bencana cepat, tepat meminimalisir korban dan kehilangan harta benda, prioritas, utamakan penyelamatan manusia, kemudian harta benda, koordinasi dan keterpaduan antar instansi pemerintah dan masyarakat harus dilakukan secara terpadu dan saling mendukung.

Peserta apel dan latihan diikuti oleh 59 personel Kodim 0503/JB yang dipimpin Danramil 02/TB Kapten Inf Arja S, personel Polres Jakarta Barat 10 orang yang dipimpin Aiptu Sunardo, Satpol PP 20 personel dipimpin Sukawadi, Damkar 9 personel pimpinan Abdul Khoir, 10 personel BPBD pimpinan Rompis, Dishub 10 personel pimpinan Sulaiman, PPSU 22 personel pimpinan Edi, FKPPI 5 personel, dan Hipakad 5 personel.

Kekuatan apel selain personel juga didukung peralatan berupa LCR 4 unit, Mobil Strada 4 unit, Dayung 40 unit, Mesin LCR 4 unit, 1 unit Ambulance, dan Obat-obatan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Kasdim 0503/JB Letkol Inf Barnard J Hutauruk, Pabandya Komsos Sterdam Jaya Mayor Inf Y Sancoyo, Pasi Intel Kodim 0503/JB Kapten Inf Missin MD, dan serta perwakilan FKPPI dan Hipakad.
(Hdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.