Ini Kata Dandim 0503/JB Dalam Giat Komsos

Foto: Dandim 0503/JB Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi S.Sos saat giat komsos di Makodim 0503/JB

dutainfo.com-Jakarta: Kodim 0503/Jakarta Barat melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan dengan tema “Melalui Kegiatan Pembinaan Komsos Cegah/Tangkal Radikalisme/Separatisme, Kita Perkokoh Mentalistas & Pemahaman Ideologi Pancasila Guna Mencegah Ancaman Radikalisme/Separatisme Dalam Rangka Mewujudkan Alat Juang Pertahanan Yang Tangguh” kegiatan ini berlangsung di Makodim 0503/Jakarta Barat, Jalan S Parman, Jakarta Barat, Selasa (17/9/2019).

Dalam sambutannya Dandim 0503/JB Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi, S.Sos mengatakan kegiatan ini merupakan pembinaan masyarakat untuk dapat mendeteksi dini terhadap gerakan kelompok yang mengarah pada radikalisme/separatisme.

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menjalin komunikasi sosial yang harmonis guna meningkatkan tali silahturahmi prajurit TNI khususnya Kodim 0503/JB dengan semua komponen masyarakat.

“Radikalisme atau ada lagi yang katakan ekstrimisme itu terdiri dari radikal kanan, radikal kiri dan radikal lainnya yang bertujuan merubah ideologi bangsa Indonesia yakni Pancasila, seperti tercantum dalam pembukaan UUD 1945,” ujar Letkol Valian.

Selain itu juga separatisme yang ingin memecah belah NKRI, semua harus dicegah dan ditangkal, ungkapnya.

Dandim juga menghimbau agar masyarakat dapat melakukan cegah dini terhadap kelompok radikalisme dan separatisme terutama yang sudah dilarang, untuk anak muda jangan mudah terpengaruh isu-isu yang tidak benar dan diharapkan bisa membangun bangsa dan negara sehingga lebih maju, aman dan sejahtera.

“Agar masyarakat tidak terpengaruh terhadap kelompok maupun gerakan yang dapat merusak ideologi Pancasila dan berani melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui adanya gerakan atau kelompok tersebut,” tegas Valian.

Sementara Ketua Mitra Jaya Kodim 0503/JB Bhakti Dewanto SH MH, sangat mengapresiasi kegiatan komsos yang dilaksanakan Kodim 0503/JB, hal tersebut sangatlah penting agar masyarakat tahu gerakan radikalisme dan separatisme, apalagi sampai ingin merubah ideologi negara.

“Kegiatan komsos yang dilaksanakan Kodim 0503/JB sangatlah bermanfaat dan sangatlah penting,” kata Bhakti Dewanto yang juga berprofesi Advokat ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0503/JB Letkol Kav Valian Wicaksono Magdi S.Sos, Kapolres Jakarta Barat diwakili Kasat Sabhara AKBP Haruaman Manurung, Ketua Mitra Jaya Kodim 0503/JB Bhakti Dewanto SH,MH, Ketua FKUB Lukman Hakim, Ka Kesbangpol Jakbar H Ikhsan, Ketua FKPPI Jakbar, dan Ketua FPK Jakarta Barat.
(Hdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.