Kumdam Jaya Dan Kodim 0503/JB Gelar Penyuluhan Hukum

Foto: Tim Penyuluhan Hukum Kodam Jaya Letkol Chk Abdul Salam dan Kasdim 0503/JB Mayor Inf Rizal

dutainfo.com-Jakarta: Tim penyuluh hukum dari Hukum Kodam Jaya yang dipimpin Letkol Chk Abdul Salam SH, memberikan pembekalan hukum dan Sosialisasi netralitas TNI, pada prajurit TNI di Jajaran Kodim 0503/Jakarta Barat, bertempat di aula Makodim 0503/JB, Jalan S Parman, Jakarta Barat, Senin (5/11/2018).

Dalam pembekalanya, Letkol Chk Abdul Salam memaparkan penyuluhan hukum ini merupakan program kerja dari komando atas sebagai penyegaran tentang segala ketentuan hukum yang berlaku di lingkungan militer, khusunya tentang netralitas TNI pada Pemilu mendatang 2019.

“Semoga penyuluhan hukum ini dapat memberikan kontribusi positif bagi satuan sehingga dapat meminimalisir adanya pelanggaran yang dilakukan oleh anggota,” ujarnya.

Dalam penyuluhan hukum ini dibahas beberapa hal seperti kegiatan program satuan jajaran Kodam Jaya TA 2018. Hal ini terkait dengan Pemilu 2019 Implementasi Netralitas TNI di satuan Komando Kewilayahan tidak boleh memihak atau mendukung.

Sementara Kepala Staf Kodim 0503/JB Mayor Inf Rizal menambahkan perlu juga diketahui khusunya para Babinsa di satuan Kowil, bahwa TNI banyak larangan yang sifatnya memberikan dukungan saat kegiatan Pemilu, bagi personel TNI yang terlibat akan dikenakan sanksi sesuai dengan UU TNI Nomor 12 TA 2018.

Masih kata Mayor Rizal, netralitas TNI adalah bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis sesuai amanah reformasi internal TNI. Bahwa TNI harus netral tidak boleh memihak atau mendukung salah satu partai manapun juga.

“Oleh karenanya setiap prajurit TNI baik selaku perorangan maupun atas nama institusi tidak boleh memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada peserta pemilu dan pilkada, baik parpol atau perorangan untuk kepentingan kegiatan apapun dalam pemilu, tidak melakukan tindakan atau pernyataan apapun yang bersifat mempengaruhi keputusan KPU dan Panwaslu,” tegas Mayor Inf Rizal.

Hadir pada kegiatan penyuluhan hukum diantaranya Kasdim 0503/JB Mayor Inf Rizal, Para Danramil, Perwira Staf Kodim 0503/JB, Para Prajurit jajaran Kodim 0503/JB, dan PNS. (Hdr/Chand)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.