Program Jaksa Masuk Pesantren, Akan Dilaksanakan Kejari Depok

Foto: Kasi Intelejen Kejari Depok Kosasih SH.MH

dutainfo.com-Jakarta: Pihak Kejaksaan Negeri Depok melalui Seksi Intelijen akan melaksanakan kegiatan program Jaksa Masuk Pesantren (JMP) dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum.

“Ya Program Jaksa Masuk Pesantren ini hampir serupa dengan program Jaksa Masuk Sekolah bertujuan sama mengembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan khususnya bagi santri dan santriwati,” ujar Kasi Intelijen Kejari Kota Depok Kosasih SH MH, pada awak media (7/6/2018).

Para santri dan santriwati memang seharusnya mendapatkan pengetahuan ilmu hukum sejak dini. Selain itu JMP sendiri adalah salah satu langkah pihaknya dalam membangun sistem hukum yang mencakup tiga komponen, yakni struktur Hukum, substansi Hukum, dan Budaya Hukum, ungkap mantan Kasi Datun Kejari Jakbar ini.

Masih kata Kosasih program ini akan diselenggarakan pada Jum’at 8 Juni 2018 bertempat di Pesantren Nuruzzahroh Jalan Ir H Juanda, Kecamatan Sukmajaya. Nantinya para santri akan diberikan pemahaman materi hukum.

“Program ini juga bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tugas pokok serta fungsi di kalangan santri”, ucapnya.

Selain fungsi penegakan hukum, Kejaksaan juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan dan penyuluhan hukum.

Nanti kami akan sampaikan beberapa materi diantaranya mengenal bahaya narkoba serta dapat mengenali Undang-undang yang akan menjerat bila menggunakan obat terlarang.

Kasi Intelijen Kejari Depok Kosasih juga berharap dengan pemahaman hukum sejak dini akan membantu proses pembentukan karakter anak bangsa yang berbasis hukum, tutupnya. (Hendrik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.