Perwira Kodim 0503/JB Beri Wasbang Kepada 100 Siswa SMA

Foto: Perwira Staf Kodim 0503/JB Lettu Inf Sriyanto dalam pemaparan Wasbang yang diikuti 100 siswa se Jakarta Barat

dutainfo.com-Jakarta: Sebanyak 100 siswa SMA dan SMK Se Jakarta Barat yang didampingi para guru dari masing-masing sekolah, mengikuti Penataran Wawasan Kebangsaan (Wasbang), Peningkatan Pemahaman Ideologi Bangsa dalam membangun karakter anak bangsa yang berjiwa Pancasila, bertindak sebagai pemapar materi Perwira Seksi Intel Kodim 0503/JB Lettu Inf Sriyanto, pada Rabu (18/9/2019).

Dalam pemaparannya Lettu Inf Sriyanto menyampaikan dalam rangka membangun karakter anak bangsa yang berjiwa Pancasila hendaknya para siswa pelajar harus memahami dan mengerti wawasan kebangsaan dan belanegara serta sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki jiwa Patriotisme dan Nasionalisme yang tinggi juga memahami nilai-nilai yang terkandung dalam lima butir Pancasila.

“Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang memiliki jiwa kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara,” ujar Lettu Sriyanto.

Masih lanjut Sriyanto dihadapan ratusan siswa pelajar, Bangsa Indonesia kurang lebih 350 tahun dijajah oleh Belanda, mengapa kita dijajah begitu lama, padahak pejuang-pejuang kita banyak.

“Dijajah begitu lama karena perjuangan mereka masih bersifat kedaerahan, sehingga masih dipecah belah oleh penjajah,” ungkap Sriyanto.

Pada Tahun 1908 lahirlah Kebangkitan Nasional oleh Budi Utomo dari sinilah Kebangkitan Pemuda Indonesia mulai bersatu dan bangkit melawan penjajah.

Selain itu Lettu Sriyanto mengatakan kondisi siswa saat ini sangat memprihatinkan dimana menurut data setiap tahum 15.000 siswa meninggal dunia karena narkoba dan tahun 2018 sebanyak 1,5 juta pelajar dan 2000 siswa terlibat Narkoba, pergaulan bebas/LGBT, Tawuran antar siswa.

“Maka dalam hal tersebut sangatlah diperlukan peran pemuda dalam serta Bela Negara,” tegasnya.

Seperti apa peran pemuda? Ya membentuk kelompok belajar, pembangunan karakter dan wawasan kebangsaan, serta membangun Wira usaha, itu merupakan salah satu wujud bela negara, papar Sriyanto.

Lettu Inf Sriyanto juga menghimbau kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan hal tersebut sangatlah penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa Indonesia.

Sebelum menutup pemaparannya Pasi Intel Juga mengingatkan agar para siswa menghindari tawuran, narkoba dan pergaulan bebas, sayangi diri sendiri dan bawalah bangsa ini yang lebih maju nantinya.

Kegiatan wawasan kebangsaan ini dilaksanakan di Hotel Gerbera Cipayung, Bogor, yang diselenggarakan oleh Sudin Kesbangpol Jakarta Barat bekerjasama dengan Kodim 0503/JB.(Hdr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.