Kejagung Didemo, Massa Minta Kajari Buton Diproses Pelanggaran Etik Dan Perilaku

Foto: (ist)

dutainfo.com-Jakarta: Massa dari Angkatan Pemuda Indonesia Sulawesi, menggelar aksi demonstrasi di depan Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan, pada Jumat 23 Juni 2023, tuntutan mereka agar Kejagung memproses dugaan pelanggaran kode etik dan perilaku Kepala Kejaksaan Negeri Buton Ledrik Viktor Mesak Takaendengan.

Koordinator aksi demo Rivaldi Ramudin, mengatakan kami dari Angkatan Pemuda Indonesia Sulawesi, hadir melaksanakan aksi unjuk rasa di depan gedung Kejagung RI, meminta agar tuntutan kami kepada pihak Kejagung segera menonaktifkan Kepala Kejaksaan Negeri Buton dari jabatanya karena diduga telah mencoreng Marwah penegakan hukum di Indonesia dan juga telah merusak kredibilitas instansi Kejaksaan di atas tanah Buton.

Sebelumya diberitakan Kajari Buton Ledrik dilaporkan oleh mantan pejabat daerah dan masyarakat atas perilaku yang dinilai menyimpang dari ketentuan hukum yang berlaku.

Mereka yang melaporkan yakni Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman dan mantan Bupati Buton Selatan La Ode Arusani.

Sementara Hendra, seorang masyarakat sipil juga maporkan Ledrik dengan dasar dugaan pelanggaran kode etik dan kode perilaku jaksa.

Merak melayangkan surat laporan atas dugaan pemerasaan dengan modus penyidikan perkara korupsi.

“Salah satu dugaan penyimpangan yang dilakukan Kajari Buton soal pemberian hadiah berupa satu unit Toyota Fortuner pada akhir 2022 dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buton, hal ini janggal sebab dalam dokumen pelaksanaan anggaran (DP), Sekretaris Kab Buton APBD 2022 tercatat sebagai belanja modal kendaraan dinas bermotor perorangan yang diperuntukan buat Bupati/Wakil Bupati dan tak diperuntukan buat kendaraan dinas oprasional Kejaksaan Negeri Buton,” ungkap Rivaldi.

Kami minta Kejagung untuk mendalami kasus pemberian hadiah mobil jenis Toyota Fortuner dari Sekda kepada Kejari Buton, sambung Rivaldi.
(Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.