Kejagung Jamin Tindak Jaksa Nakal

dutainfo.com-Jakarta: Pihak Kejaksaan Agung RI, angkat bicara terkait jaksa nakal, pihaknya menjamin akan menindak tegas jaksa nakal.

“Sudah sangat tegas Pak Jaksa Agung, apabila ada ditemukan jaksa melanggar hukum akan ditindak tegas,” ujar Kapuspenkum Kejagung RI, Ketut Sumedana kepada awak media, Senin (15/5/2023).

Masih kata Ketut, pihak Kejaksaan Agung memiliki sejumlah langkah untuk mengawasi jaksa, pengawasan dilakukan oleh pengawas internal dan eksternal.

“Pertama ada pengawasan eksternal yang dilakukan Komjak, Media dan LSM silahkan laporkan melalui Komjak juga boleh nanti kita akan klarifikasi ke yang bersangkutan,” ungkap Ketu.

Selanjutnya ada pengawasan internal seperti pengawasan di Jaksa Agung Muda Pengawasan sampai ke tingkat Aswas Kejati.

Selanjutnya ada Satgas 53 yang melakukan klarifikasi, identifikasi, termasuk penangkapan jaksa atau pengawas yang diduga melakukan suatu perbuatan yang bisa mengarah pada unsur penyalahgunaan kewenangan, sambung Ketut.

“Sudah banyak jaksa yang kami tindak dan sudah banyak jaksa yang kita pidanakan,” jelas Ketut.

Sementara ditanya awak media, kasus jaksa di Kejari Batu Bara Sumatera Utara terkait dugaan pemerasan guru SD.

Ketut mengatakan pihak Kejaksaan Agung masih menunggu proses pemeriksaan oleh pengawasan Kejati Sumut.

“Nanti dalam waktu dekat pihak Kejati Sumut akan menyampaikan secara terbuka dan transparan mengenai proses pemeriksaan pengawasan, jadi kita tunggu ya,” tutupnya.
(Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.