Survei Kepercayaan Publik Kejaksaan Lebih Tinggi Dari KPK, Peringkat Pertama Tetap TNI

Foto: (dok Kejagung RI)

dutainfo.com-Jakarta: Pihak Kejaksaan Agung RI, merespon baik, hasil survei lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang menempatkan Korps Adhyaksa hingga mendapat nilai 61,5 sebagai aparat penegak hukum yang dipercaya publik, sementara KPK dibawah Kejaksaan, dan peringkat pertama kepercayaan publik nasib dipegang TNI.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat, semoga ini menjadikan kami bekerja lebih baik lagi,” ujar Kapuspenkum Kejagung RI Ketut Sumedana, Kamis (9/6/2022).

Dalam hal ini survei menunjukan komitmen Presiden RI Joko Widodo mendukung Kejaksaan Agung dalam penanganan kasus mafia minyak goreng cukup besar yakni 50,3 persen.

Sementara Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, mengungkapkan penanganan mafia minyak goreng yang dilakukan Kejaksaan Agung memiliki efek besar terhadap permasalahan publik dan berkontribusi terhadap kinerja Presiden RI dalam menangani masalah serius. Hasil survei terbukti bahwa peran Kejaksaan Agung dalam penanganan kasus hukum khusunya korupsi akan berpengaruh terhadap kepuasan publik terhadap kinerja Presiden RI, di kasus mafia minyak goreng, memiliki dampak yang sangat besar di masyarakat sehingga penanganan kasusnya menjadi fokus besar bagi Presiden RI.

Metode pemilihan sampel dilakukan menggunakan random digit dialing adapun margin of error diperkirakan +- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survey ini, Kejaksaan Agung berada di posisi ke 4 sebagai lembaga negara yang dipercaya, untuk peringkat pertama kepercayaan masyarakat tetap pada TNI, Kedua Presiden, dan Ketiga Polri.

Selanjutnya Burhanuddin menyoroti lembaga KPK yang kini kepercayaan publik dibawah Kejaksaan Agung.

Tingkat kepercayaan publik terhadap KPK pun menurun menjadi 59,8 persen dari semula 70,2 persen.

“Dibawah KPK, adalah Pengadilan dan MPR,” tutup Burhanuddin.
(Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.