PWI Pusat Minta Wartawan Jaga Independen 

dutainfo.com-Jakarta: Wartawan diminta agar menjaga Independensi di tahun politik, hal ini ditekankan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat.

“Ya seluruh wartawan dilarang merangkap jabatan di partai politik (Parpol) apabila melanggar maka harus berhenti atau nonaktif dari profesi kewartawanannya, aturan ini berlaku bagi wartawan yang menjadi tim sukses,” ujar Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Ilham Bintang pada awak media (21/1).

Masih kata Ilham hal tersebut diatas tercantum dalam peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT).

Prinsip pers atau media melayani semua golongan untuk mencapai tujuan utama, demi mewujudkan kebenaran, dan kepentingan publik, serta kelangsungan demokrasi. Sedangkan Tim sukses berjuang untuk satu golongan, papar Ilham.

Dalam hal ini wartawan harus independen akan tetapi harus berpihak pada kepentingan rakyat. Wartawan independen bukan berarti tidak berpihak. Namun keberpihakan wartawan untuk kepentingan rakyat dan kelangsungan demokrasi, ucapnya.

Ilham juga menambahkan DK PWI telah membentuk tim yang akan mengawasi anggotanya di seluruh Indonesia yang menjadi tim sukses pasangan calon dibeberapa pilkada, dalam waktu dekat akan kita sampaikan datanya, tutup Ilham.  (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.