Soal Geng Motor Polisi Minta Masyarakat Ikut bantu Pencegahan 

Foto: Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono

dutainfo.com-Jakarta: Dalam hal penanganan geng motor semua pihak harus turun tangan dalam hal penanganannya, termasuk pemerintah dan elemen masyarakat, seperti kasus geng motor yang melakukan penjarahan di Depok.

“Ya kami meminta pemerintah juga turun tangan, pencegahan bisa dilakukan oleh Pemerintah dan masyarakat,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono pada awak media (26/12/2017).

Tindakan kriminalitas tidak hanya resiko yang diberikan kepada pihak kepolisian saja yang menanganinya, akan tetapi semua secara terpadu. Pemerintah juga harus sama bagaimana pencegahannya, jadi tak hanya polisi saja, kata Argo.

Dalam hal geng motor pihak kepolisian, pemerintah dan elemen masyarakat setempat harus dan perlu duduk bersama mencari akar masalahnya, apalagi banyak pelaku yang masih dibawah umur.

” Nah disini perlu kita kasih pembelajaran supaya tidak berbuat lagi seperti itu. Jadi harus banyak pihak yang harus dilibatkan guna penanggulangan,” ungkap Argo.

Kombes Pol Argo Yuwono juga menilai aksi penjarahan oleh geng motor di Depok itu bukan saja ajang aktualisasi diri, namun lebih dari itu, mungkin ada permasalahan keluarga hingga mendorong anak nekat melakukan kriminalitas.

Permasalahan keluarga ya kenapa terdapat anak perempuan ikut terlibat disana? Bagaimana peran orangtuanya? sangat perlu ada kesinambungan bersama untuk menyelesaikannya, tutur Argo.

Kita juga berharap perlu ada intervensi lingkungan setempat untuk dapat mencegah anak-anak terlibat tindak kriminal dan kejahatan. Argo menilai anak bisa diarahkan ke kegiatan yang positif seperti kesenian dan keterampilan.(Hdr/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.